Sudewi2000’s Weblog

November 27, 2010

Mei Yang Berwarna

Filed under: KIDS - ANAK-ANAK, My Self — Tags: — sudewi2000 @ 7:19 am

Banjarbaru, 16 Mei 2010

Di bagian bumi utara, Mei merupakan saat di mana bunga-bunga bermekaran. Membawa kebahagiaan begitu rupa. Seorang sahabat sejak SD mengabarkan kalau sekarang tulip sedang bermekaran dan saat yang cukup bersahabat jika datang ke Belanda. Ups, aku menghela nafas. Keinginan untuk kembali menjejak Belanda, seperti yang kulakukan dua tahun lalu begitu kuat. Tapi beberapa hal menyebabkan aku harus memikirkan ulang. Dari segi waktu saja sampai Juni mendatang kesibukan sudah begitu bertumpuk.

 

Di Menara Eiffel, Paris, Juni 2008

Mei masih menyisakan kegalauan batin saat aku menyaksikan hiruk pikuk politik di negeri ini, beberapa musibah banjir yang sebenarnya merupakan akibat dari ulah tangan manusia yang menjadikan diri tidak paham pada keseimbangan alam. Jika hati sedang galau karena berbagai masalah, melihat anak-anak kemudian menjadi salah satu cara untuk cepat mengembalikan suasana hati.

Anak-anak menjadi obat penawar resah dan gelisah. Saat aku kemudian menjadi lebih banyak di rumah, dengan diselingi perjalanan ke Jambi dan Jakarta, tingkah laku mereka menjadi bahan refleksi dan pelajaran bagiku. Alif mulai menunjukkan ulah mendebat jika dia tidak setuju. Makin gigih dengan segala macam argumennya. Akupun belajar untuk lebih bersabar dan menjadikan dia sebagai sahabat dibandingkan bersikap sebagai orangtua yang otoritasnya sedang terancam.

Lain lagi Ara. Dia makin menunjukkan bakat menulisnya. Puisi dan cerpennya bagiku berkarakter. Iri aku karena dulu usia 10 tahun aku mulai bisa menulis, sementara gadis kecilku ini melakukannya sejak usia 6 tahun dan menunjukkan perkembangan berarti saat berumur 8 tahun. Cara berfikirnya pun makin unik. Dia kerap mempertanyakan hal-hal filosofis yang membuatku berkerut keras untuk menjawabnya.

Si bungsu Rama, yang gandrung kartun, tiba-tiba memperkaya bahasanya dengan beberapa kosa kata dan dialek Melayu ala Ipin dan Upin. Beberapa hari di rumah menjadikanku akrab melihat kartun Malaysia itu, ditambah Krishna, Naruto dan Disney. Duduk bersama Rama di kamar dengan cara sederhana (”nonton kartun bareng”) membuatku makin bersyukur memiliki anak lucu dan ceria seperti dia. Ikut rapat orang tua murid di sekolah Rama, melihat dia pulang berenang dan bercerita heboh tentang pelampung kuningnya serta memberikan komentar positif tentang gambar-gambarnya di kertas maupun komputer, membuat matanya makin berbinar bangga.

Mei juga membuatku pilu sekaligus bahagia saat seorang sahabatku, Rara, harus pindah ke Swedia mengikuti suaminya. Seorang sahabat sejak kecil menceritakan pertemuan dengan mantan first love-nya yang ternyata masih menyimpan cinta terhadapnya. Mmmm… tidak mau aku berkomentar lebih jauh karena urusan perasaan tidak bisa dilogikakan dan sifatnya begitu personal.

Saat di suatu hari di bulan Mei di mana sepanjang sore dan malam aku bisa ngrumpi lagi dengan Nur, Desi, dan Rinjani serta menghabiskan beberapa malam menginap di rumah Lisa dengan segala hiruk pikuk persahabatan kami, aku menjadi makin berbahagia. Malam ini, saat Alif sudah terlelap tidur karena lelah beraktivitas, aku mengajak Rama dan Ara keluar melihat langit cerah di arah barat. Gerhana Venus sempat kusaksikan pada tahap awal saat bintang kejora ini menjadi gelap karena berada satu garis dengan bulan. Dua anakku ini terlonjak girang di pinggir jalan depan rumah. Dan aku makin merasa lengkap, saat Rama kembali mengajakku ke kamar untuk kembali melakukan seremoni nonton kartun bareng. Meiku yang berwarna makin melengkapi hidup.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: