Sudewi2000’s Weblog

July 26, 2009

KEBAHAGIAAN DAN TERBERKAHI

Filed under: My Self, Opinion — Tags: , , — sudewi2000 @ 8:36 am

Banjarbaru, 25 Juli 2009

Oleh: Swary Utami Dewi

Hari ini, 25 Juli 2009, aku mengirim SMS kepada beberapa sahabat. Isinya kurang lebih sebagai berikut: Doakan aku ya, supaya aku bisa melakukan banyak hal baik. Kebahagiaan memang ada dalam hati, sejauh kita tetap mensyukuri apa yang sudah didapatkan dan memaksimalkan kemampuan untuk berbuat lebih baik. Dan akhir-akhir ini aku merasa lebih bahagia karenanya.

Senyum Cerah Gadis Cilik Manggarai Barat, Flores (Foto: Swary Utami Dewi, April 2007)

Senyum Cerah Gadis Cilik Manggarai Barat, Flores (Foto: Swary Utami Dewi, April 2007)

Bermacam ragam tanggapan para sahabatku. Ada yang mendoakan dan mengamini, ada yang menanyakan apakah aku sedang ada masalah. Aku tersenyum membaca semua. Kepada yang mendoakan aku bilang terima kasih. Kepada yang menunjukkan rasa khawatir aku menjelaskan aku baik-baik saja dan hanya merasa sedang begitu bahagia dan terberkahi. Dan ini bukan karena aku sedang memperoleh sesuatu yang istimewa.

Aku jadi teringat beberapa hari lalu saat aku di Sydney. Selama 3 malam menjelang tidur aku merasa begitu damai dan bahagia. Hari kedua aku berkesempatan membeli beberapa barang di toko sekitar hostel tempatku dan Bu Tuti menginap di sekitar King Street, Newton. Ketika menceritakan tentang kebahagiaan hatiku, Bu Tuti bercanda mengatakan itu mungkin karena aku girang habis belanja lumayan banyak. Aku tidak menyanggah. Siapa tahu itu benar.

Esok harinya aku tidak berbelanja apapun. Hanya mengikuti suatu konferensi, merasa kedinginan karena udara yang tidak terlalu bersahabat di Sydney dan harus memutar jalan kaki lebih jauh pada pagi hari. Malamnya menjelang tidur, kedamaian dan kebahagiaan yang sama melingkupiku. Aku kembali bercerita kepada Bu Tuti. Kali ini dengan tambahan penjelasan, bahwa perasaan ini tidak ada kaitannya dengan belanja atau tidak. Bu Tuti terkekeh dan mengatakan itu karena aku mensyukuri apapun yang kudapat.

Ya, mensyukuri apapun yang diperoleh. Dan tiba-tiba banyak hal yang kuinginkan tercapai, terwujud begitu mudah dan cepat. Seakan-akan ada tangan-tangan ajaib yang menghantarkan semua keinginanku menjadi nyata. Lalu apa kaitannya dengan kebahagiaan?

Ternyata ada dua fungsi rasa ini. Pertama, kebahagiaan menjadi suatu bentuk lain dari rasa syukur. Bahagia berarti menerima apa adanya, merasa cukup dengan apa yang kita peroleh. Tidak menuntut lebih. Kedua, kebahagiaan juga bisa merupakan hasil dari rasa syukur tersebut. Ketika kita mensyukuri semua nikmat yang diberikan Tuhan dan mengambil hikmah semua hal yang kita alami, rasa bahagia itu muncul begitu saja. Membuat kita merasa damai dan tenang.

Dan rasa inilah yang, syukurnya, hampir selalu kurasakan. Akhir-akhir ini rasa ini begitu dahsyat dan membuatku merasa begitu melimpah ruah. Aku, kemudian, merasa begitu terberkahi karenanya.

1 Comment »

  1. Tamy, GBU
    artikelnya bagus dan nationalis banget smoga sujses dan selalu berkarya terus
    Bp suka dengan orang2 yg punyta Visi..,Salam

    Comment by bagdja — March 17, 2010 @ 10:53 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

