Sudewi2000’s Weblog

February 8, 2009

BELAJAR DARI ANAK: MEUTIA SWARNA MAHARANI

Filed under: Gallery of Pictures, KIDS - ANAK-ANAK, My Self — Tags: , , — sudewi2000 @ 4:31 pm

Banjarbaru, 8 Februari 2009

Gadisku satu-satunya yang berusia 7 tahun ini cenderung lebih dewasa dari usianya. Dia kerap berfikir dan bertindak bijak. Terkadang pula dia melontarkan sesuatu yang membuatku berkerut. Ara bagiku seperti gadis kecil yang berani menyentuh matahari. Melakukan sesuatu yang kadang tidak pernah terfikir untuk dilakukan.

Swary Utami Dewi, Juli 2006)

Ara Menjelang 5 Tahun (Foto: Swary Utami Dewi, Juli 2006)

Kemarin Sabtu, pulang les Inggris, Ara bergegas lari masuk kamar menemuiku. “Guru tidak adil, “ gerutunya. Aku menatapnya bingung. Menghentikan pekerjaanku dan menemaninya duduk. “Kenapa, Ra?” tanyaku penasaran.

“Di Inggris, Sabtu anak-anak tidak sekolah. Mereka libur. Kok anak-anak di Indonesia Sabtu sekolah?” Pertanyaan kritisnya membuatku berfikir, betapa anak tidak bisa dipandang anak karena seringkali lontaran mereka begitu menggugah.

Ara suka menulis. Kadang puisi menjadi produknya. Sesekali dia juga menulis cerita pendek khas anak kecil. Aku masih ingat saat dia duduk di TK dan belum tahu cara mengetik di komputer, dia minta dituliskan cerita tentang diriku, si Ibu. Diibaratkannya Mamah sebagai bidadari yang turun dari langit ke bumi. Penggambarannya tentang ibu membuatku makin sadar betapa bunda begitu berharga bagi gadisku ini.

Ara juga sangat suka bernyanyi. Sayangnya, karena tidak seperti di zamanku dulu di mana penyanyi anak-anak bertebaran, Arapun cenderung menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer dinyanyikan penyanyi solo ataupun band dewasa. Ara sangat menyukai Ungu, Peter Pan, Mulan Jameela dan Nidji.

Seperti halnya sang Abang, Alif, Ara suka membaca. Serial Tintin, Pippi, Avatar, Lupus dan Tokoh Dunia adalah beberapa contoh buku kegemarannya. Gadis bermata almond ini juga senang memelototi buku atau majalah masakan dan desain interior. Seringkali dia berkhayal memiliki kamar yang begitu lengkap dan bagus, membuatku mesem-mesem karena kutahu aku harus memenuhinya kelak.

Keberanian dan mimpi-mimpi Ara, bagiku seperti gambaran diri bahwa akupun melakukan banyak keberanian dan mimpi untuk menghadapi dan meraih apapun dalam hidup.

Swary Utami Dewi, Februari 2009)

Ara Asyik Dengan Bacaannya (Foto: Swary Utami Dewi, Februari 2009)

Swary Utami Dewi, 2008)

Ara dan Rama yang Selalu Akrab (Foto: Swary Utami Dewi, 2008)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: