Sudewi2000’s Weblog

January 2, 2009

REMBANG TETAP MEMPESONA (2): PESTANYA BOWO

Filed under: Traveling — Tags: , , , — sudewi2000 @ 2:47 pm

20 Juli 2008. Aku tidak tahu apa yang ada dalam pikiran temanku Bowo. Dia tetap melajang sampai usia 30-an. Sementara kebanyakan teman kuliahnya di Fakultas Sastra UI sudah momong anak, dia masih menikmati kesendiriannya.

Mas Kawin dalam Pigura

Mas Kawin dalam Pigura

Entah gerah atau gregetan melihat kalemnya Bowo dalam mencari pasangan, Eny, istri temanku Yaqut, rela menjadi comblang. Lilis, seorang santri dari pesantren alm. Mbah Cholil Bisri, menjadi target. Bowo akhirnya bertekuk lutut.

20 Juli 2008 dipilih sebagai hari Bowo dan Lilis melepas masa lajang. Sekitar jam 10, puluhan keluarga besar Bowo datang dari Semarang. Mereka melepas lelah dan berdandan di rumah Yaqut dan Eni. Si kecil Salma, buah hati Eny, juga tidak kalah sibuk. Maklum, dia bersama Rara akan menjadi pedamping penganten duduk di pelaminan nanti.

Pukul 1 siang, rombongan penganten lelaki bergerak menuju kediaman mempelai perempuan, yang terletak tidak jauh dari pantai. Sepoi-sepoi angin disertai musik khas pesantren yang dibawakan para santri, menyambut kedatangan kami. Semua seremoni, dari ijal kabul berbahasa Arab, sampai bersandingnya pasangan mempelai di pelaminan, berjalan lancar. Duapun menjadi satu berdampingan mengarungi hidup.

Aku yang sejak awal sibuk mengambil foto setiap momen, duduk bersebelahan dengan Eny ketika penganten duduk bersanding. Saat melepas lelah, sejenak kutoleh semua yang hadir. Ada Gus Mus, yang menikahkan Bowo, datang beserta keluarganya. Ada Nyai Cholil Bisri beserta anak, mantu dan cucunya. Ada beberapa kyai ternama di Rembang. Ada para santri. Ada para tamu. Dan tentunya, ada teman-teman baikku.

Angin pantai kadang bertiup seakan menyapu gerahnya udara. Aku mengambil saputangan untuk berkipas, duduk berbaur dengan yang lain. Turut gembira aku merasakan suasana riang di hajatan Bowo dan Lilis. Rembang hari ini, kali ini, pasti memiliki makna yang sangat dalam bagi mereka. Aku bersyukur menjadi bagian dari keluarga besar ini.

Pasangan Bowo dan Lilis

Pasangan Bowo dan Lilis

Si Imut Salma, Anak Eny dan Yaqut

Si Imut Salma, Anak Eny dan Yaqut

Bowo Jadi Penganten

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: