Sudewi2000’s Weblog

October 3, 2008

ULANG TAHUN DAN TERBERKAHI

Filed under: My Self — Tags: , , — sudewi2000 @ 2:38 am

Banjarbaru, 20 Mei 2007

THE PERSISTENCE OF MEMORY (DALI, 1931)

LUKISAN FAVORITKU: THE PERSISTENCE OF MEMORY (DALI, 1931)

20 Mei. Puluhan tahun lalu aku dilahirkan. Pagi-pagi melek, aku sudah mendapatkan banyak sms ucapan selamat, juga beberapa telfon. Kepada teman-teman yang tidak tahu tanggal lahirku, entah keajaiban apa yang membuatku mengirim sms kepada mereka memberitahu hari spesialku ini. Lengkaplah sudah. Ratusan sms masuk plus puluhan telfon ucapan selamat. Teman-teman, kerabat, rekan kantor. Semua membuatku bahagia.

Apalah arti ulang tahun bagi seseorang? Aku tidak tahu persis. Setiap orang punya hak untuk memaknainya secara berbeda. Bagiku, pertama, ultah berarti hari bahagia, plus sibuk terima ucapan. Silaturahmi yang mungkin sudah tidak terjadi beberapa bulan, akan terajut kembali. Saling memberi kabar mengikuti ucapan.

Ulang tahun juga berarti kesempatan berkumpul bersama keluarga. Aku yang biasa loncat sana , loncat sini, mengikuti arus perjalanan yang terjadwal atau keisengan mengunjungi suatu tempat, menjadi pulang ke sarang lebih lama dari biasanya. Seharian bermain bersama anak, menemani mereka melihat kado-kado kreasi mereka sendiri buat sang Mamah. Alif, sulungku memberi gambar dalam komputer (paint), yang entah kenapa tiba-tiba dihapusnya. Mau diperbaiki, katanya. Anak tengahku, Ara, perempuan satu-satunya, memberikan dua puisi yang telah ditulis beberapa hari lalu. Janjiku kepada Ara kalau dua puisi itu akan dimasukkan ke blognya. Si bungsu Rama, yang berusia 3 tahun, tidak memberi apapun. Tapi yang jelas dia yang paling heboh kalau aku ada. Ara sering bilang, adik bungsunya ini menjadi luar biasa percaya diri jika dekat Mamah.

THE BASKET OF BREAD (DALI, 1926)

AKU INGIN BERBAGI KEBAHAGIAAN: THE BASKET OF BREAD (DALI, 1926)

Makna lain ulang tahun adalah menjadi semakin marvelous, setidaknya bagi diri sendiri. Beberapa teman sebelumnya mengatakan marvelous, yang kemudian membuatku terdiam beberapa saat, memikirkan apa makna being marvelous buatku. Maka bagiku, being marvelous berarti memiliki kekuatan batin untuk berbuat baik terhadap sesama, lebih mengerti daripada dimengerti, berbagi semangat dan antusiasme untuk menjadikan dunia lebih baik, dan akhirnya selalu merasa terberkahi dan bersyukur atas apapun yang terjadi pada diri kita.

Akhirnya, terberkahi! Beberapa teman sempat berkerut ketika aku membicarakan soal terberkahi. “Mi, bukannya diberkahi atau memberkahi?” “Tidak”, aku menggeleng. Aku tetap merasa terberkahi. Aku menyukai kata ini, selaras dengan apa yang kurasakan akan anugerah dan berkah yang kudapat. Seringkali aku merasa mendapat miracles, keajaiban-keajaiban kecil yang tiba-tiba datang begitu saja. Kemudian, membuatku semakin merasa betapa baiknya Tuhan kepadaku. Memberi banyak hal, terus memberi, sementara terkadang aku lupa padaNya, berbuat hal aneh-aneh yang aku yakin, Tuhan pun bisa berkerut terhadap apa yang kulakukan.

Seorang sahabat dari Jambi mengirim sms. Isinya mengingatkanku untuk semakin banyak menangis mengingat dosa-dosa sejalan dengan semakin berkurangnya umur. Aku membalas: Sejalan dengan bertambahnya usia, aku ingin semakin banyak tersenyum kepada Tuhan, tidak menangis. Aku tersenyum karena merasa begitu bersyukur terhadap apa yang telah kuperoleh selama ini, berpuluh tahun. Dan biarkan aku selalu tetap merasa terberkahi.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: